Selamat Datang Bulan Rajab 1438 Hijriah

Islampedia - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan bahwa tanggal 1 Rajab 1438 H jatuh pada Rabu (29/3), atau persisnya mulai Selasa (28/3) malam ini. Ikhbar awal bulan ini berdasarkan hasil rukyat tim Lembaga Falakiyah PBNU di beberapa titik petang tadi.


Selamat Datang Bulan Rajab 1438 Hijriah

Hilal di antaranya terlihat dari Bukit Condrodipo Gresik, Jawa Timur, oleh KH Asyhar Shofwan Sememi, pada pukul 17.39 WIB, dan Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat oleh KH Yahya dan Tim LF PBNU pada pukul 18.12 WIB.

“Terima kasih atas partisipasi dan kontribusi Nahdliyin (dalam proses rukyat hilal),” kata Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghazalie Masroeri.

Hal itu sesuai dengan prediksi Lembaga Falakiyah PBNU sebagaimana tertuang dalam almanak PBNU yang menyebutkan bahwa Rabu Pon, 29 Maret 2017, sebagai awal bulan Rajab. Data hisab dalam almanac tersebut memaparkan, tinggi hilal 4 derajat 2 menit 42 detik AU dengan lama hilal 18 menit 3 detik.

Dengan demikian, peringatan hari lahir ke-94 NU pada 16 Rajab bertepatan dengan tanggal 13 April 2017, sedangkan peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad pada 27 Rajab jatuh pada 24 April 2017 atau bersamaan dengan hari lahir GP Ansor dan Fatayat NU.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam. Tiga bulan lainnya adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Pada bulan ini umat Islam disunahkan mengamalkan amalan-amalan tertentu seperti puasa.
Sumber     : nu.or.id