Kafe Langka, Pesan Makan dan Minum Dibayar Orang Lain

Islampedia - Sebuah kafe di Vasant Vihar, Ahmedabad, India, Seva Cafe, bukan sekadar tempat makan biasa. Kafe ini layak disebut sebagai penyedia harapan bagi mereka yang membutuhkan.


Kafe Langka, Pesan Makan dan Minum Dibayar Orang Lain


Seva Cafe akan melayani semua pesanan dengan harga 0 rupee India. Dengan konsep janggal ini, pemilik kafe memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk membayar sesuka mereka.

Meski gratis, para tamu boleh saja membayar makanan lebih dari tarif yang dikenakan. Uang lebih itu akan dipakai untuk membayar pesanan orang lain.

Dengan aturan itu, tamu yang memesan makan seharga 100 rupee, (Rp20.500) namun hanya sanggup membayar 50 rupee, (Rp10.250), takkan diminta untuk membayar kekurangnya. Tamu yang sama sekali tak punya uang pun bisa melenggang keluar kafe tanpa membayar sepeserpun.
Awalnya Eksperimen Sosial

Kafe ini telah beroperasi selama enam tahun. Sejak dibuka, kafe ini telah melayani sekitar 80.000 pesanan makanan dan minuman gratis.

Konsep kafe ini digagas oleh dua orang sahabat, John Silliphant dan Jayes Patel sebagai eksperimen sosial. Keduanya ingin melihat apakah mungkin sebuah bisnis berjalan hanya mengandalkan donasi, dan apa yang mereka dapat adalah bukti nyata, sebuah kafe gratis.
Sumber     : dream.co.id