SubhannAllah Ternyata Malaikat Mendoakan Orang Yang Bersedekah



Islampedia - Sedekah merupakan perbuatan yang mulia. Dan, perilaku mulia ini akan bernilai lebih di mata Allah SWT jika dilakukan di bulan Ramadhan. 



Bahkan, malaikat pun ikut mendoakan orang yang memberi makanan atau minuman kepada orang yang berbuka puasa.

Sedekah berarti memberikan sebagian dari harta yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkannya. Jika kita mampu bersedekah pada orang lain, tentu kita pun akan mendapatkan reward dari Allah SWT. Tetapi, reward tersebut tidak akan kita dapatkan jika kita tidak melakukannya dengan ikhlas. Maka, sedekahlah dengan penuh keikhlasan.

Di bulan yang penuh berkah ini, merupakan momen yang pas bagi kita untuk bersedekah. Sebab, bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling berbeda dari bulan-bulan lainnya. Kita akan merasakan nikmat yang lebih apabila melakukan perbuatan baik di bulan ini.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sedekah yang paling utama ialah sedekah di bulan Ramadhan,” (Diriwayatkan At-Tirmidzi. Hadis ini dhaif).

Sedekah di bulan Ramadhan merupakan hal utama. Maka, selagi kita mampu untuk memberi pada orang lain, maka lakukanlah. Selagi Allah SWT pun memberi kesempatan kepada kita merasakan bulan penuh berkah ini, maka sedekahlah. Sebab, selain kita dapat membuat orang lain merasa bahagia, kita pun akan berbahagia. Mengapa? Sebab, jika kita bersedekah di bulan Ramadhan, maka limpahan pahala orang yang berpuasa dapat kita peroleh.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, ia berhak atas pahalanya tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa,” (Diriwayatkan Ahmad dan At-Tirmidzi. Hadis ini shahih).

Selain limpahan pahala, kita juga akan didoakan oleh malaikat lho! Tentu Anda menginginkannya bukan? Ya, jadi tunggu apalagi, sedekahlah di bulan Ramadhan. Maka, insya Allah, malaikat akan mendoakan kebaikan bagi Anda.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa memberi makanan atau minuman untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa dari harta yang halal, maka para malaikat mendoakannya di jam-jam bulan Ramadhan dan Jibril juga mendoakannya di malam lailatul qadar,” (Diriwyatkan Ath-Thabrani dan Abu Asy-Syaikh).

Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling dermawan, dan beliau sangat dermawan di bulan Ramadhan ketika dikunjungi malaikat Jibril. (Diriwayatkan Al-Bukhari) []

Sumber : Ensiklopedi Muslim Minhajul Muslim/Karya: Abu Bakr Jabir Al-Jazairi/Penerbit: Darul Falah