Kisah Rasulullah Bepergian Semalam Menerima Perintah Sholat

Islampedia - Isra' mi'raj merupakan momen yang sangat penting bagi umat Islam. Peristiwa yang menjadi salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW ini merupakan saat tepat bagi umat Islam kembali menyadari urgensi sholat.


Kisah Rasulullah Bepergian Semalam Menerima Perintah Sholat

Peristiwa agung ini dijalani Nabi Muhammad SAW pada tanggal 27 Rajab. Di tanggal itu, Rasulullah menempuh perjalanan begitu cepat dari Masjidil Haram, Mekah, menuju Masjidil Aqsa, Yerusalem, untuk menjalankan sholat jemaah. Lalu, Rasulullah melesat menuju Sidratul Muntaha, langit ketujuh, yang merupakan tempat tertinggi.

Perjalanan ini ditempuh Rasulullah hanya dalam waktu satu malam, dengan kendaraan Buraq. Dalam sejumlah riwayat, Buraq digambarkan berbentuk menyerupai kuda memiliki sayap.

Naik ke Sidratul Muntaha ditemani Malaikat Jibril, Rasulullah mendapatkan perintah sholat. Cukup berat kala itu, mencapai 50 waktu dalam sehari. Mengingat kemampuan umatnya, Rasulullah meminta keringanan hingga akhirnya Allah SWT berkenan memerintahkan sholat lima waktu.

Peristiwa ini terjadi saat Rasulullah tengah dirundung duka. Tantangan dan ancaman dialami Rasulullah dalam menyebarkan agama Islam.

Selain itu, istri tercinta Rasulullah, Khadijah, baru saja meninggal. Hal itu membuat duka Rasulullah sangat dalam.

Peristiwa ini tidak akan pernah dilupakan umat Islam. Tahun demi tahun berganti, umat Islam di seluruh dunia akan mengenang peristiwa agung ini.
Sumber     : dream.co.id